KISI-KISI PEMBUATAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP (THE FRAME WORK OF THE TEST FOR JUNIOR HIGH SCHOOL AT VII GRADE)

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

       Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat









1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

2.      Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.1  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

       Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat







3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
3.3  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
4.      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

      Membaca
5.      Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
.

5.1  Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

      Menulis
6.      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


6.1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


THE FRAME WORK OF TEST
Level of School           : SMP                                                                                      Time Allocation                      : 90 minutes
Subject                                    : English                                                                                  Total Number of Questions        : 40
Curriculum                  : KTSP                                                                                    Arranger                                 
No.
Standard Competence
Basic Competence/Result of Learning/Indicator
Material
Questions’ Indicator
Form of test
Questions’ number
1.
Listening
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

1.2    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

Indicator
1.    Mengidentifikasi ekspresi tindak tutur yang meliputi meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
2.        Merespon tindak tutur yang meliputi: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

-       Teks mengenai ekspresi tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

-       Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi tindak tutur yang meliputi meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
-       Siswa dapat menemukan alternative jawaban sesuai dengan pertanyaan berdasarkan expressi tindak tutur.
-       Siswa dapat merespon expressi tindak tutur yang meliputi: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

Pilihan Ganda

1






2,3,4




5,6


3.
Reading
5.     Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

5.2         Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Indicators
1.    Mengidentifikasi maksud dari teks
2.    Menentukan makna kalimat dalam teks
3.    Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek
4.    Menemukan makna tersurat teks
5.    Menemukan makna tersirat teks

-       Teks
-       Notice
-       Short message
-       Announcement
-       Kartu ucapan

  1. Siswa dapat menentukan maksud dari teks

  1. Siswa dapat menentukan makna kalimat dalam teks

  1. Siswa dapat mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek yang dibaca

  1. Siswa dapat menemukan makna tersurat dari teks

  1. Siswa dapat menemukan makna tersirat dari teks

Pilihan Ganda

7


8



9,10,11,12,
13,14,



15,16


17


5.
Writing
6.     Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

6.1    Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indicator
1.    Mengidentifikasi kalimat dengan tepat
2.     
3.    Merangkai kata yang acak
4.    Melengkapi kalimat dengan tepat
5.    Melengkapi kalimat sesuai grammar dan structure
6.    Mengidentifikasi tenses dalam teks

-       Teks
-       Notice
-       Short message
-       Announcement
-       Kartu ucapan

  1. Siswa dapat mengidentifikasi kalimat dengan tepat.

  1. Siswa dapat mengidentifikasi gambar dengan tepat

  1. Siswa dapat merangkai kata yang acak menjadi kalimat yang benar.

  1. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tepat

  1. Siswa dapat melengkapi kalimat sesuai dengan grammatical dan structur yang tepat

  1. Siswa dapat mengidentifikasi tenses- tenses dalam teks

Multiple Choice

18,19,20,21,22,23


24,25



26,27,28




29,30,31,32,33,34


35,36,37





38,39,40
Total Pertanyaan
40
           
Mengetahui,
Kepala SMP …………………



(__________________________)
NIP /NIK :

…, …, 2019
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________)
NPM : ___________

THE FRAME WORK OF THE TEST FOR JUNIOR HIGH SCHOOL AT VII GRADE





Comments

Popular posts from this blog

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS LISTENING SKILL

CONTOH (RPP) BAHASA INGGRIS CONDITIONAL SENTENCE SMA KELAS XII/1