KISI-KISI PEMBUATAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP (THE FRAME WORK OF THE TEST FOR JUNIOR HIGH SCHOOL AT VII GRADE)
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
|
2. Memahami makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
3.3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
|
4. Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Membaca
5. Memahami makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
.
|
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
THE FRAME WORK OF
TEST
Level of School :
SMP Time
Allocation : 90 minutes
Subject :
English Total
Number of Questions : 40
Curriculum :
KTSP Arranger :
No.
|
Standard
Competence
|
Basic
Competence/Result of Learning/Indicator
|
Material
|
Questions’
Indicator
|
Form
of test
|
Questions’
number
|
1.
|
Listening
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima
kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
Indicator
1. Mengidentifikasi ekspresi tindak tutur yang meliputi meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima
kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
2.
Merespon tindak tutur yang
meliputi: meminta dan memberi informasi, mengucapkan
terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
|
-
Teks mengenai ekspresi tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima
kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
|
- Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi tindak tutur yang meliputi
meminta dan memberi informasi, mengucapkan
terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
- Siswa dapat menemukan alternative jawaban sesuai dengan
pertanyaan berdasarkan expressi tindak tutur.
- Siswa dapat merespon expressi tindak tutur yang meliputi: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima
kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
|
Pilihan Ganda
|
1
2,3,4
5,6
|
3.
|
Reading
5. Memahami makna
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan
terdekat
|
5.2
Merespon makna
yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Indicators
1.
Mengidentifikasi maksud
dari teks
2.
Menentukan makna kalimat
dalam teks
3.
Mengidentifikasi tujuan
teks fungsional pendek
4.
Menemukan makna tersurat
teks
5.
Menemukan makna tersirat
teks
|
-
Teks
-
Notice
-
Short message
-
Announcement
-
Kartu ucapan
|
|
Pilihan Ganda
|
7
8
9,10,11,12,
13,14,
15,16
17
|
5.
|
Writing
6.
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indicator
1. Mengidentifikasi kalimat dengan tepat
2.
3. Merangkai kata yang acak
4. Melengkapi kalimat dengan tepat
5. Melengkapi kalimat sesuai grammar dan structure
6. Mengidentifikasi tenses dalam teks
|
-
Teks
-
Notice
-
Short message
-
Announcement
-
Kartu ucapan
|
|
Multiple Choice
|
18,19,20,21,22,23
24,25
26,27,28
29,30,31,32,33,34
35,36,37
38,39,40
|
Total
Pertanyaan
|
40
|
Mengetahui,
Kepala SMP …………………
(__________________________)
NIP /NIK :
|
|
…, …, 2019
Guru Mapel Bahasa Inggris
(_________________)
NPM : ___________
|
THE
FRAME WORK OF THE TEST FOR JUNIOR HIGH SCHOOL AT VII GRADE
Comments
Post a Comment