CONTOH (RPP) BAHASA INGGRIS CONDITIONAL SENTENCE SMA KELAS XII/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN    : SMA
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER           : XII/1
MATERI                               : CONDITIONAL SENTENCE
JUMLAH PERTEMUAN   : 3X Pertemuan (6JP)

A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai). Santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagiandari solusi atas berbagi permasalahan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaan, kebangsaan, kenegaraan, dn peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural ada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan menciptakan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
3.5   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/ saran, sesuai dengan konteks penggunaanya. (perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
4.5   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/ saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.5       (1) Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
            (2) Memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/ saran, sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.5       (1) Menyusun text interaksi.

D.        TUJUAN PEMBELAJARAN
3.5       (1) Siswa dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
            (2) Siswa dapat Memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/ saran, sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.5       Siswa dapat menyusun teks interaksi.
           
E. MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi sosial
Memahami unsur kebahasaan text dan memahami teks interaksi.
Struktur text.
We can make a zero conditional sentence with two present simple verbs (one in the 'if clause' and one in the 'main clause'):
If + present simple, .... present simple.
This conditional is used when the result will always happen. So, if water reaches 100 degrees, it always boils. It's a fact. I'm talking in general, not about one particular situation. The result of the 'if clause' is always the main clause.
The 'if' in this conditional can usually be replaced by 'when' without changing the meaning.
Conditional type 1
If I study,
I will pass the exams.
If you see John tonight,
tell him to e-mail me.
If Ben gets up early,
he can catch the bus.
The if-clause can be at the beginning or at the end of the sentence.
If I study,
I will pass the exams.
I will pass the exams
if I study.

CONDITIONAL SENTENCES TYPE 2
 (if + past simple,….would + infinitive)
Fakta (simple present)

CONDITIONAL SENTENCE TYPE 3
 (if + past perfect,…..would + have  + past participle)
Fakta (simple past tense

Unsur kebahasaan
(1)      Kata untuk menyatakan pengandaian: if …, unless …
(2)      Adverbial dengan –ly, adverbila untuk menyatakan waktu, tempat, dsb.
(3)      Kosa kata: benda-benda yang terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan siswa sebagai remaja
(4)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)      Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)      Ejaan dan tanda baca
Topik                      
Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, kejadian, peristiwa yang penting dan relevan dengan siswa SMA yang memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
F.     METODE
Menggunakan metode Discovery learning.
G. MEDIA/ALAT/SUMBER BELAJAR
1.   Media : video / gambar
http://pixabay.com/static/uploads/photo/2013/07/18/20/27/sunrise-165094_150.jpg


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_yaVUMSrqgKKGoYEKycfbDJ-j_nP438NX4SwGAGTvxdfooD1CkhQviY6KtHnwqTuUMspaKqvuaW-HH3aRr-ULVN-mscwSfBWitdFE8IalwjeHF45_g5w9M4-QT63_2OC6zi_MIK04IQw/s1600/Sunset-orange-2000.jpg
2.   Alat/ Bahan
-          lcd
-          Power Point
-          Laptop
-          Gambar
-          Text tertulis
3.   Sumber belajar :
-    Buku guru
-    Buku siswa
-    Internet
H.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama:
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
a.       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, berdoa dan memotivasi peserta didik secara kontekstual, 
b.      Memberikan warmer untuk membimbing peserta didik ke materi yang akan dipelajari.
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Mencontohkan kata kerja infinitif.

b.  Kegiatan Inti  
Mengamati
-          Siswa melihat tayangan gambar terbit dan terbenamnya matahari (tipe 0)
-          Siswa melihat gambar hujan lebat
Menanya
·         Guru menanyakan dimana terbit dan terbenamnya matahari.
·         Siswa memberikan komentar tentang keadaan alam
·         Guru meminta siswa menyebutkan berapa hari dalam satu bulan
Mengumpulkan Informasi
·         Siswa melihat gambar yang di tayang oleh guru
·         Siswa membuat kalimat pengandaian 0 yang berhubungan dengan gambar
·         Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris dalam kalimat pengandaian
Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan pengunaan kalimat pengandaian.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang makna kalimat.

Mengkomunikasikan
·         Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian.
·         Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan waktu yang akan datang dan menuliskannya dalam kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia.

C.   Kegiatan Penutup (10)
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
      Thank you very much for your participation.  I feel so glad seeing you are so active, You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?, Have you got something interesting today.
·         Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan ke-2
PENDAHULUAN
·      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·      Siswa menerima informasi  tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang  akan dilaksanakan.
·      Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab, dan cinta damai.
KEGIATAN INTI
Mengamati
-          Siswa mengamati  gambar/video yang berhubungan dengan conditional sentences type 2 dan type 3
Menanya
-          Siswa memberikan komentar dan pertanyaan tentang gambar/video yang diamati
-          Guru menanyakan perbedaan bentuk conditional sentences type 2 dan type 3
Mengumpulkan informasi
-          Siswa memperhatikan contoh kalimat conditional sentences yang diberikan guru
-          Siswa mengidentifikasi keinginan yang tidak terwujud dari siswa lain secara berpasangan
-          Siswa memilih klausa yang benar sesuai dengan conditional sentences type 2 dan type 3
-          Siswa menemukan fakta dari setiap kalimat conditional sentences type 2 dan type 3
Mengasosiasi
-          Siswa membedakan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian
-          Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
-          Siswa menjodohkan klausa yang benar pada conditional sentence type 2 dan type 3
-          Siswa menyampaikan fakta dari setiap kalimat conditional sentences type 2 dan type 3
-          Siswa mengubah fakta menjadi kalimat pengandaian
-          Siswa bersama guru mengecek hasil jawaban

PENUTUP (10’)
·      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran terkait dengan materi conditional sentences type 2 dan type 3
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa mengerjakan tugas-tugas tambahan terkait dengan materi conditional sentences type 2 dan type 3 yang diberikan oleh guru. (Pekerjaan Rumah)
·      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
H.    Penilaian
a.    Tehnik Penilaian
Tes lisan dan tertulis















b.   Instrument Penilaian
-          Lembar pengamatan sikap

Lembar Pengamatan Sikap
Kelas                 : …………………
Hari, TanggaL : …………………
Materi Pokok    : …………………
No
Nama Siswa
Sikap
 JUMLAH
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya Diri
1









2









3









4









5











I.        LEMBAR KERJA SISWA
-          Instrumen penilaian pengetahuan
TASK 1
Please, observe the image below!



1.      Wich direction the sun rises?
2.      Wich direction the sun sunk?
3.      How many days in a moth?

Using the correct words in the sentence
·         If people eat too much, they (get) fat.
·         If you touch a fire, you (get)....... burned.
·         People die if they (don't eat)......... .
·         You get water if you (mix)...... hydrogen and oxygen.
·         Snakes bite if they (are) scared
·         If babies are hungry, they (cry).......
Match the ‘if’ clause with the correct second clause
1.         If I knew her address,                             a. We would need more money
2.         If I won the lottery                                  b. I would send her an invitation card
3.         If we lived in New York                                     c. I would go on holiday

Choose the correct second clause for the the following conditional sentences:
1.         If I had enough money,…..
a.    I will go on safari to Kenya
b.   I would go on safari to Kenya
c.    I can go on safari to Kenya
2.         What would you do,…
a.    If you could lose your job?
b.   If you will lose your job?
c.    If you lost your job?

-          Instrument penilaian keterampilan
TASK 2
-             Student’s activities
-             Make the condional sentence

TASK 3
-             Make the Fact sentences
-             1. If I eat peanuts, ................
-             2. If I don’t sleep, ...............
-             3. If I am lazy to study,............
-             4. If I don’t eat, ...................
-             5. If I eat much,.................
TASK 4
Find the fact from the following conditional sentences:
1.         If I were you, I would go to the beach with my friends

2.         If Lana had been rich, she would  have spent all the money on clothes
       
Change the fact form into the correct conditional sentences:
1.         I don’t write a letter to you so you don’t receive my letter
2.         Lana was not rich so she didn’t spend all the money on clothes




                                                                                                  Kediri, 24  Desember 2017
                                                                                                           
                                                                                                     
                                                                                                            Ade Teguh Ramadhan
                                                                                                          

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS LISTENING SKILL